cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Media Akademika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 25, No 2 (2010)" : 6 Documents clear
Al-Jarh wa Al-Ta’dil: Upaya Menghindari Skeptis dan Hadis Palsu
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbeda dari Alquran yang bersifat qath’i al-wurud, Hadis bersifat dzanny. Bagaimanapun shahih dan orisinal, yakni betul-betul diucapkan Nabi, suatu Hadis tetap zhanny, karena masih mengandung diskursus mengenai perawi baik dari segi sanad maupun matan. Dalam hal ini, kritik terhadap keduanya mesti dilakukan untuk menyaring Hadis. Terkait dengan sanad, salah satu cabang ilmu yang berfungsi untuk menyelidiki perawi adalah ilmu al-jarh wa al-ta’dil. Ilmu tersebut yang dielaborasi penulis dalam artikel ini. Penulis berargumen, ilmu al-jarh wa al-ta’dil merupakan upaya menghindari dari keraguan terhadap Hadis, termasuk memilah Hadis yang shahih dan palsu.
Konsep Bahagia: Analisis terhadap Pemikiran Plato Sururudin, Sururudin
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang kebahagiaan menurut filsuf Yunani Plato. Penulis berpendapat bahwa kebahagiaan menurut Plato tidak terlepas dari pemikiran etikanya, karena pendapat tentang kebahagiaan Plato ada pada pendapatnya tentang etika. Etika atau ethik yang berarti baik adalah sesuatu yang berharga untuk suatu tujuan. Sebaliknya, yang tidak berharga, tidak berguna untuk tujuan. Sesuatu itu baik bagi seseorang bila hal tersebut sesuai dan berguna untuk tujuannya. Walau tujuan seseorang atau golongan berbeda, semua punya akhir sama, yaitu ingin baik dan bahagia. Menurut Plato, kebaikan tertinggi adalah kebahagiaan.
Hubungan Filsafat, Ilmu, dan Agama Abbas, Pirhat
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang hubungan filsafat, ilmu, dan agama. Menurut penulis, hubungan ketiganya disatukan oleh sebuah tujuan yang sama, yakni pencarian kebenaran. Namun demikian, meskipun sama, ketiganya juga berbeda. Letak perbedaannya, dalam pandangan penulis, terdapat pada aspek sumber, metode, dan hasil yang akan dicapai oleh ketiganya.
Kandungan Metode Pendidikan dalam Keluarga Menurut Surat Ibrahim Ayat 37 Musli, Musli
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan formal seperti sekolah. Yang lebih urgen sesungguhnya pendidikan dalam keluarga. Pertanyaannya, bagaimanakah pendidikan dalam keluarga menurut Islam. Karena pendidikan Islam bersumber dari Alquran dan Hadis, dalam menjawabnya, penulis merujuk sebuah ayat Alquran, yakni surat Ibrahim: 37. Surat ini bercerita tentang pendidikan yang diterapkan Nabi Ibrahim dalam keluarganya. Dari kisah tersebut, penulis menyarikan metode-metode pendidikan yang bisa diterapkan dalam keluarga.
Ihya’ al-Mawat dalam Hukum Islam Pangiuk, Ambok
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang tanah telantar (al-mawat) dan pemberdayaannya (ihya’ al-mawat) dalam hukum Islam. Di Indonesia, persoalan ini menjadi penting karena hukum yang dianut juga mengakui hukum Islam. Dalam Undang-Undang Pokok Agraria 1960, misalnya, terkait tanah, eksplisit dikatakan bahwa tanah adalah karunia Tuhan. Masalah pertanahan juga masuk ke dalam UU No. 38 Tahun 1999 dan Kompilasi Hukum Islam. Tak semata melihat persoalan tanah dari sudut pandang Islam, artikel ini juga mendiskusikannya dalam bingkai sistem hukum yang berlaku di Indonesia.
Interaksi Model Pembelajaran, Struktur Kognitif, dan Perolehan Konsep Sutanto, Agung
Media Akademika Vol 25, No 2 (2010)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini, diperkenalkan berbagai macam teori belajar dan pembelajaran. Setidaknya ada dua teori yang dikenal, yakni konvensional dan konstruktivistik. Artikel ini berusaha melihat model pembelajaran konstruktivistik. Berbagai hal terkait model tersebut, seperti struktur kognisi dan sistem penalaran serta operasionalnya, dikemukakan. Di akhir, model tersebut berusaha didialogkan dengan konsep-konsep dalam fisika.

Page 1 of 1 | Total Record : 6